Penipuan Di Platform Digital

Waspadalah Terhadap Penipuan Di Platform Digital

Di era digital yang cepat berubah ini, kita perlu mengetahui dan waspada tentang banyak hal di Internet. Pasalnya, penipuan online kini diketahui marak terjadi di platform digital cybercrime lainnya.

Banyak orang menggunakan platform digital sebagai alat untuk mendapatkan keuntungan dari kelalaian pengguna internet.

Penipuan atau penipuan menggunakan platform digital semakin beragam. Salah satu penipuan yang saat ini ada di radar Biro Investigasi Federal AS (FBI) adalah skema penipuan penyembelihan babi. Situasi ini menimpa seorang wanita asal Jawa Tengah.

Penipuan Penyembelihan Babi korban Jawa Tengah dilakukan dengan menggunakan media sosial dan platform canggih sebagai sarana para scammer. Metodenya adalah untuk mengelabui korban agar menginvestasikan sejumlah uang di platform crypto palsu dengan menjanjikan keuntungan token yang besar.

Platform cryptocurrency palsu menggunakan domain situs web yang mirip dengan nama aplikasi perdagangan cryptocurrency yang telah diunduh lebih dari satu juta kali. Perbedaan satu huruf saja dalam domain sudah cukup untuk mengelabui korbannya.

Penipuan Menggunakan Situs Web Palsu

Salah satu cara penipuan atau penipuan adalah dengan membuat website palsu untuk mendapatkan data pribadi korban. Website palsu dengan tampilan yang meyakinkan membuat korban sulit untuk mengenali dirinya sebagai korban kejahatan dunia maya.

Dilansir dari Niagahoster, scammer atau penjahat online membuat domain yang mirip dengan domain asli perusahaan atau platform yang dipercaya banyak orang untuk menipu korban.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui dan memeriksa kembali domain atau alamat situs web mana yang Anda kunjungi. Apalagi jika alamat tersebut didapat dari orang asing atau seseorang yang sudah lama tidak Anda kenal.

Baca Juga  XL Axiata Bekerja Sama Dengan Juniper Networks Untuk Peluncuran Jaringan 5G

Cara Membedakan Situs Resmi Dan Palsu

Untuk meningkatkan kesadaran, Niagahoster, sebuah perusahaan layanan web hosting, menawarkan beberapa cara untuk membedakan antara situs resmi dan palsu dan mencegah penipuan online dari situs palsu.

Yang pertama adalah memperhatikan URL atau alamat website. Situs web resmi Anda harus memiliki domain yang dieja dengan benar untuk merek atau nama perusahaan Anda.

Kemudian gunakan ekstensi domain yang umum dan terpercaya seperti .com, .id, .co.id, atau .go.id untuk pemerintahan, .ac.id untuk pendidikan, .mil.id untuk militer, dll. Gunakan domain yang profesional dan tepat ekstensi.

Keunikan lain dari situs web resmi adalah ikon gembok di paling kiri URL di bilah alamat. Ikon kunci menunjukkan bahwa situs web dilengkapi dengan sertifikat keamanan Secure Sockets Layer (SSL).

Situs web yang memasang SSL akan memiliki HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) di URL mereka, bukan hanya HTTP.

Pengguna yang memiliki pertanyaan tentang situs web Anda dapat menggunakan Laporan Transparansi Google untuk memeriksa keamanan dan kepercayaan situs Anda.

Alat ini mencari situs web untuk lubang keamanan berdasarkan kriteria Google. Selain itu, pengguna internet juga dapat memverifikasi kepemilikan domain yang mencurigakan melalui situs web who.is.

Meningkatkan Kewaspadaan Dan Ketidakpercayaan

Internet adalah dunia luas yang terbuka untuk semua orang. Setiap orang dapat menggunakan dan memanfaatkan Internet untuk kebutuhan dan kepentingan mereka sendiri. Namun, Internet juga merupakan dunia yang berbahaya, jadi Anda harus lebih waspada saat berselancar di Internet.

“Jangan memberikan informasi atau data Anda dengan mudah kepada siapa pun di internet dan jangan mengklik tautan apa pun sebelum Anda yakin mereka aman dan dapat dipercaya. Juga, ketika Anda mengunduh aplikasi Harap perhatikan dan baca akses yang kami tawarkan kepada Anda hati-hati setelah Anda mengunduh aplikasi, kata Ionda Zikrina, Head of Brand and Communications Team di Niagahoster.

Baca Juga  Indocomtech 2022 Memperkenalkan Produk Teknologi ‘Back to School’

Pengguna internet harus mengatur peringatan mereka dan tidak mudah percaya informasi di Internet. Mengurus semuanya membuat platform digital Anda lebih aman dan nyaman.

Originally posted 2022-10-16 20:11:40.